Narsis Berfungsi Tinggi

Sangat mudah untuk menemukan pelecehan ketika datang dalam paket seorang pria yang tetap keluar sepanjang malam, minuman, menggunakan obat-obatan, jelas memiliki urusan, tidak bertanggung jawab dengan uang, tidak bisa mempertahankan pekerjaan, dan menampilkan baik pelecehan verbal maupun fisik. di rumah. Pria dengan karakteristik semacam ini dapat diberi label atau didiagnosis memiliki gangguan kepribadian narsistik karena mereka tidak bertanggung jawab atas perilaku mereka atau bagaimana hal itu memengaruhi orang lain dalam kehidupan mereka. Meskipun kehidupan mereka terlihat berantakan dari sudut pandang mitra, kepribadian narsistik menutupi perilakunya dengan mengabaikannya dan berfokus pada kesalahan pasangannya. Meskipun tipe narsisis ini mungkin merupakan kegagalan total dan nyata di dunia nyata, di dunia imajinernya dia ditakdirkan untuk menjadi hebat dan menggunakan janji-janji dan presentasi penjualan yang hebat untuk menjaga agar pasangannya tetap terhubung. Namun setelah bertahun-tahun berlalu dan tidak ada yang mengubah pasangan mulai menyadari bahwa dia tidak dapat membangun kehidupan dengan janji-janji kosong dan memulai perubahan.

Dengan narsisis yang berfungsi tinggi, ceritanya benar-benar berbeda. Dia sering sangat bertanggung jawab di dunia nyata, memiliki pekerjaan yang baik, memiliki bisnis sendiri, baik dengan manajemen uang, memiliki kredit yang baik, memiliki rumah sendiri, sangat cerdas dan kreatif, mungkin memiliki riwayat pernikahan atau hubungan jangka panjang, terlibat dengan anak-anaknya, merawat dirinya sendiri secara fisik dan dia juga dapat menjadi anggota masyarakat yang terkemuka, gereja, atau terlibat dalam pertumbuhan pribadi atau spiritual.

Dengan seorang narsistik yang berfungsi tinggi, sulit untuk mendeteksi pelecehan dan disfungsi. Bahkan pasangan dari tipe kepribadian narsistik ini sering menjadi percaya bahwa mereka adalah masalahnya. Bahkan jika narsisis yang berfungsi penuh memang memiliki urusan di luar nikah dia akan membuat pasangannya percaya bahwa dia mendorongnya untuk melakukannya. Kadang-kadang bahkan pasangan narsisis yang dipimpin untuk berselingkuh karena dia tidak mendapatkan kebutuhannya bertemu di rumah. Ini tidak mengherankan karena terlepas dari penampilannya di masyarakat, kebutuhannya tidak penting baginya. Bahkan mereka benar-benar gangguan.

Dalam kasus saya, saya memiliki dua hubungan dengan narsisis yang berfungsi tinggi. Mereka berdua tenang, sejuk dan terkumpul sebagian besar waktu sementara saya adalah keranjang sampah emosional. Di samping penampilan mereka yang "sempurna", saya terhuyung-huyung dengan tampilan ketidaksempurnaan yang jelas, termasuk seringnya sakit, depresi, perubahan suasana hati, dan ketidakmampuan untuk berfungsi di tempat kerja.

Saya menyadari bahwa saya berurusan dengan kepribadian narsistik setelah saya meninggalkan hubungan pertama. Saya berantakan selama lebih dari enam bulan dan tampaknya tidak menjadi lebih baik. Atas saran seorang teman, saya pergi menemui terapis lain, ia merekomendasikan kepada saya, yang mengatakan kepada saya bahwa mantan saya adalah seorang narsisis! Dia belum bertemu dengannya dan tidak mengatakan "dia mungkin seorang narsisis" dia mengatakan kepada saya datar bahwa saya berurusan dengan seorang narsisis. Dia jelas memiliki pengalaman yang cukup untuk mendeteksi gejala-gejala pada pasangan seorang narsisis yang berfungsi tinggi. Berbekal pengetahuan baru ini, saya mulai menyembuhkan dari jenis pelecehan paling halus yang pernah saya alami.

Ketika berhadapan dengan kepribadian narsistik yang sangat cerdas dan berfungsi tinggi ini, mereka terus mengakali dan bahkan mencuci otak pasangan mereka menegakkan kembali sugesti bahwa pasangan adalah satu-satunya yang bermasalah. Mitra mengalami kehilangan energi, kehilangan kekuatan pribadi, penurunan harga diri dan akhirnya kehilangan kemampuannya untuk berfungsi di dunia. Dia benar-benar kehilangan cengkeramannya pada realitas dan telah terserap ke dalam realitas narsistik. Biasanya dia menyadari bahwa pasangannya adalah narsistik setelah hubungan itu berantakan. Pada saat ini dia sudah sering digantikan oleh seseorang yang dia anggap sebagai "memiliki aktingnya bersama" karena mantan pasangan jelas tidak. Ini hanya berkontribusi pada perasaan tidak berharganya.

Ketika saya melihat kembali kedua hubungan narsistik saya, saya menyadari bahwa kedua pria pada awalnya sangat mengagumi saya dan ingin berada di dekat saya untuk "cahaya" saya. Tetapi begitu saya kehabisan energi "ringan" atau energi kehidupan, dia mulai kehilangan minat pada saya. Dia tidak pernah bertanggung jawab atas masalah apa pun dalam hubungan itu. Ada bentuk kontrol yang halus yang terjadi. Dia tidak memiliki "teman sejati" sendiri sehingga dia mengikuti saya ke dalam situasi sosial saya dan mengundurkan diri ke sela-sela untuk mengamati saya berinteraksi dengan teman-teman saya. Dia akan pulang setelah bekerja karena tidak ada yang bisa dilakukan. Dia lebih suka ekspresi seninya untuk sosialisasi. Ini yang membuatnya bisa bersinar dan dikagumi orang lain.

Tak satu pun dari mantan saya memiliki keterampilan sosial yang bagus tetapi tampaknya memberi makan kontak saya sebagai gantinya. Dan makan adalah istilah yang tepat karena sepertinya mereka merasa lebih superior dari sebagian besar orang yang berinteraksi dengan saya. Tetapi karena hasil imbang saya sebagai pemain musik, pada awalnya saya ditempatkan di posisi tinggi, diangkat, dikagumi, dipuja, disimak dengan sungguh-sungguh, dan dilahap secara seksual dengan penuh semangat.

Tentu saja sifat egois saya sendiri senang dihujani perhatian dan kasih sayang, terutama karena saya tidak merasa banyak diterima di masa kecil saya. Saya adalah pasangan yang sempurna bagi narsisis idealis ini yang memperoleh rasa harga diri yang tinggi sebagai akibat kehadiran saya. Namun, jika saya pernah mengungkapkan ketidakpuasan dalam hubungan, atau apa pun yang berkaitan dengan kebutuhan saya terpenuhi dalam persatuan kami, dia akan bereaksi dengan kekecewaan saya daripada melihat kemungkinan bahwa dia berkontribusi terhadap masalah. Biasanya saya mengalami tidak bersuara, tidak pernah benar-benar merasa dilihat atau didengar, seperti yang pernah saya alami sewaktu kecil. Jadi alih-alih mengatakan pada diri sendiri bahwa saya pantas dilihat dan didengar, saya akan jatuh ke dalam emosi lama yang akrab yang mengingatkan saya bahwa saya tidak benar-benar layak untuk dapat benar-benar terlihat.

Panggung adalah satu-satunya tempat saya benar-benar diizinkan untuk bersinar dan terlihat. Itu adalah satu-satunya platform saya yang sejati di mana saya dapat mengekspresikan diri dan didengar.

Memiliki suara sejati dalam hubungan narsistik tidak pernah mungkin. Saya tidak bisa marah, atau mengungkapkan ketidakpuasan tanpa tunduk pada tuduhan khas memiliki PMS atau bersikap bermusuhan. Perilaku narsistik adalah membuat gila dan itu membuat kita marah, namun kita tidak dapat dengan aman mengekspresikan kemarahan batin kita tanpa terkena tuduhan banyak kesalahan kita, atau memiliki masalah kekhawatiran kita benar-benar diabaikan sementara fokus beralih ke reaksi kita terhadap masalah ini. .

Saya berselingkuh sekali karena kebutuhan saya yang sangat dalam untuk dicintai dan diperlakukan dengan baik. Ini setelah hubungan narsisistik kedua saya mulai berantakan. Dia mendekati saya ketika saya pulang setelah keluar sepanjang malam dan bertanya ke mana saya pergi. Saya mengatakan yang sebenarnya! Dia menangis dan bertanya mengapa saya melakukan ini pada kami dan saya mengalami pengalaman mengerikan menyaksikan efek perilaku nekat saya sendiri pada pria yang saya cintai ini. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya sangat menyesal dan dia tidak pantas mendapatkannya. Saya menjelaskan bahwa saya merasa dibenarkan pada saat itu karena hubungan kami dalam masalah tetapi saya menyadari sekarang betapa salahnya itu dan saya tidak akan pernah melakukan itu lagi selama ada bahkan penampilan kita bersama. Saya pikir saya merasa lebih buruk daripada dia karena saya malu dengan perilaku saya sendiri.

Namun, ternyata meja-meja itu telah diubah, saya yakin saya juga sama bersalahnya. Itu akan tetap menjadi kesalahanku dan aku akan tetap menjadi fokus pembicaraan. Itu akan menjadi tentang bagaimana dia terdorong untuk melakukannya karena cara saya memperlakukannya dan bagaimana dia tidak bisa membiarkan dirinya mendekati saya lagi karena dia tidak bisa mempercayai saya. Dia akan menyerang saya untuk meringankan rasa bersalahnya sendiri dan tidak memiliki belas kasihan atas pengalaman pengkhianatan saya.

Inilah perbedaan antara kepribadian narsistik dan orang yang tidak. Seorang narsisis tidak bisa menempatkan dirinya di sepatu rekannya. Dia tidak bisa membayangkan seperti apa rasanya berada di sisi lain dari situasi ini. Dia hanya bisa melihatnya dari sudut pandangnya sendiri, yang merupakan perspektif yang sepenuhnya membebaskannya dan menempatkan 100% tanggung jawab atas rekannya.

Dalam situasi saya, perselingkuhan saya hanya mengesahkan pendapatnya tentang saya sebagai tidak dapat dipercaya. Dia tidak pernah mempercayai saya karena setiap kali kami bertempur dan dia akan mendorong semua tanggung jawab kepada saya, saya akan mundur dari hubungan itu. Saya mundur dari pelestarian diri saya sendiri. Terkadang saya mengakhiri hubungan itu dengan frustrasi saya sendiri. Tetapi saya masih terus kembali ke hubungan itu dan dia akan menyambut saya kembali dengan tangan terbuka dan untuk sesaat semua dilupakan. Untuk waktu yang singkat saya menjadi cantik baginya lagi dan dia mencintai saya.

Siklus itu berlanjut sampai aku tidak tahan lagi dan akhirnya aku mengakhiri hubungan untuk terakhir kalinya. Ketika dia menyadari aku serius kali ini, narsisnya mendevaluasi dan membuang aku dimulai. Kengerian yang saya alami dalam hubungan itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kehancuran untuk pergi. Pada saat inilah saya harus menyadari bahwa saya telah hidup dalam kebohongan dan telah menghabiskan bertahun-tahun hidup saya untuk menerapkan ilusi ini. Tiba-tiba citranya tentang pasangan yang konsisten memberi jalan kepada kemarahan yang belum pernah saya lihat sebelumnya dalam dirinya, namun secara intuitif saya selalu merasa itu ada di sana. Dia benar-benar memutus semua kontak denganku, meskipun kami tinggal di properti yang sama. Dia mengabaikan saya dan memperlakukan saya seolah-olah saya tidak terlihat, hal yang paling saya benci. Saya ingin berkomunikasi dengannya dan memproses melalui akhir dari hubungan seperti yang telah saya lakukan dalam hubungan lain yang lebih sehat, tetapi pintu itu tertutup bagi saya. Tidak akan ada penutupan.

Kedua kalinya saya menemukan diri saya dalam hubungan narsistik, saya menduga saya sedang berurusan dengan narsisisme sekali lagi, terutama karena saya telah mempelajarinya selama bertahun-tahun. Orang mungkin bertanya-tanya bagaimana saya bisa melewatkannya atau mengapa saya tinggal begitu lama. Jika Anda pernah mendengar cerita tentang panci mendidih di mana katak ditempatkan dalam panci mendidih dan melompat keluar tetapi ketika mereka menempatkan katak dalam panci air dingin dan perlahan-lahan membawanya ke mendidih katak mati. Perubahan suhu sangat lambat sehingga dia tidak menyadari apa yang sedang terjadi.

Ketika saya memasuki hubungan kedua, air dingin dan tidak ada tanda-tanda narsisme yang jelas. Bahkan dalam banyak hal dia sangat berbeda dari yang pertama. Pasangan narsis pertama saya secara emosional tertutup dan yang kedua terbuka secara emosional, perbedaan besar. Tapi apa yang saya temukan adalah bahwa yang lebih terbuka secara emosional lebih rentan terhadap ledakan emosional dan saya bisa merasakan gunung berapi bersiap untuk meletus. Tapi bahkan setelah dia meletus, dia tidak pernah menyentuhku. Dia tahu lebih baik. Sebaliknya, dia membotolkannya di dalam dan memberi saya perawatan diam. Aku akan mendengar dia membanting papan dan pintu dan bersumpah, tetapi dia tidak pernah menyentuhku. Dia berfungsi tinggi! Tidak pernah ada bukti pelecehan yang nyata. Kekerasan itu seperti katak di dalam pot. Itu begitu halus dan lambat sehingga saya tidak mengenalinya sebagai pelecehan sampai saya terbangun dari ilusi saya dan menyadari air mendidih. Saya melompat tepat pada waktunya untuk menyelamatkan hidup saya.

Pelecehan itu datang dalam bentuk pembatalan konstan dari realitas saya sampai saya datang untuk menggugurkan realitas saya sendiri. Saya kehilangan kepercayaan pada diri saya dan kemampuan saya untuk mengetahui kebenaran apa yang ada dalam situasi tertentu. Saya menjadi tergantung padanya untuk versi realitasnya sehingga saya bisa memahami apa yang sedang terjadi dalam hidup saya. Pada akhirnya dia bilang dia ingin aku keluar dari rumahnya dan aku berkata "tunggu dulu! Ini rumahku juga!" Dia berkata, "Tidak, tidak!" Saat itulah saya menyadari betapa tidak tersentuh hal itu terjadi. Tidak mungkin dia akan meyakinkanku bahwa ini adalah rumahnya. Kami membelinya bersama. Itu milik kita! Sudah berapa lama saya membiarkan dia melemahkan saya dan memaksakan versi realitasnya di atas saya? Sudah berapa lama saya secara perlahan membocorkan kekuatan dan energi saya pada ilusi palsu ini?

Dalam kedua hubungan narsistik saya, saya segera diganti yang mengejutkan saya karena saya telah mengembangkan keyakinan bahwa kami memiliki ikatan jiwa yang mendalam yang tak tergantikan. Dan mungkin pada tingkat tertentu itu tak tergantikan! Karena meskipun mereka pindah dengan cepat, situasi baru mereka tidak bertahan lama. Mungkin para mitra baru mendeteksi disfungsi sejak dini dan tidak begitu ingin melompat ke sepatu lamaku. Mungkin saya istimewa bagi mereka karena saya adalah katak bodoh, yang tidak menyadari kapan suhu meningkat. Mungkin karena, melalui itu semua, saya benar-benar orang yang indah dengan banyak cinta untuk diberikan dan cangkir mereka terlalu dangkal untuk menampungnya. Mungkin setelah semua yang dikatakan dan dilakukan mereka menyadari bahwa saya benar-benar mencintai mereka dan fantasi mereka bahwa orang lain dapat dengan mudah mengisi sepatu saya tidak sesuai dengan realitas yang sebenarnya.

Saya tidak akan pernah benar-benar mengetahui kebenaran dari apa yang mereka pikirkan, percayai atau rasakan. Saya hanya tahu kebenaran saya dan inilah yang penting. Saya telah belajar untuk mempercayai diri sendiri dan suara batin saya yang membimbing saya di jalan saya. Sekarang saya dapat melihat seorang narsisis yang berfungsi tinggi tidak selalu dari jauh, tetapi dari dekat dan pribadi. Ada dua tanda: Dia tidak percaya dia bersalah atas apa pun. Dia memiliki superioritas udara tertentu. Ada juga tanda-tanda lain yang jelas seperti postur tubuh yang angkuh, eksentrisitas, kehadiran yang karismatik, penampilan yang sangat percaya diri, energi seksual yang intens dan invasif, ketertarikan yang santai pada saya untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan, dalam beberapa saya perhatikan kebutuhan untuk terus berbicara tentang diri mereka sendiri, yang lain tenang dan introvert.

Deteksi yang paling penting adalah cara saya merasakannya. Saya merasa cemas, lelah, waspada, tidak mampu, frustrasi, dan bingung. Saya pikir itu adalah jenis tanda yang perlu kita dengarkan. Bagaimana perasaan kita? Begitu kita belajar mempercayai perasaan kita sendiri, kita berhenti menjual realitas kita untuk ilusi narsistik. Saat itulah kita dapat memanggil kembali kekuatan kita dan berhenti bermain di tangan orang yang tidak memiliki minat terbaik di hati kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *