The High Arch – Masalah dan Solusi

Apa itu Lengkungan Tinggi?

Lengkungan kaki adalah area antara bola kaki (di pangkal jari kaki) dan tumit. Dalam lengkungan normal ada celah antara tanah dan kaki di sepanjang bagian tengah di bagian dalam (sisi jempol kaki) dari kaki. Ini dikenal sebagai lengkungan Anda. Ketika jarak ini lebih besar dari ruang rata-rata, Anda dikatakan memiliki lengkungan tinggi. Nama medis untuk memiliki lengkungan yang tinggi adalah pes cavus.

Banyak orang yang memiliki lengkungan tinggi memiliki pergelangan kaki yang menggelinding sedikit ketika berdiri. Hal ini memberikan kesan berkaki busur dan dapat menyebabkan stres di tempat lain di tubuh Anda karena pendekatan yang diubah untuk berjalan.

Masalah Apa yang Berhubungan dengan Lengkungan Tinggi?

Anda mungkin menemukan Anda memiliki rasa sakit di lengkungan kaki Anda, nyeri tumit, nyeri bola kaki, nyeri lutut, atau bahkan nyeri punggung bawah. Kaki dengan lengkungan tinggi biasanya tidak menyerap kejutan dengan benar, yang dapat menyebabkan masalah di salah satu bidang ini. Beberapa orang dengan lengkungan tinggi tidak pernah mengembangkan masalah ini, tetapi banyak yang melakukannya.

Ada pita fibrosa tebal yang membentang melalui lengkungan dari tulang tumit ke kaki depan Anda yang disebut plantar fascia. Dengan kaki melengkung tinggi, ketika Anda melangkah, mungkin tegang dan Anda dapat mengalami banyak rasa sakit melalui lengkungan dan tumit. Ini sering terjadi pertama kali di pagi hari ketika Anda turun dan meregangkan fasia plantar. Dengan lengkungan tinggi, fasia biasanya mengencang terlalu banyak, terutama dalam semalam.

Orang dengan lengkungan tinggi lebih rentan terhadap keseleo pergelangan kaki dan dapat mengembangkan jagung dan kapalan juga. Mereka biasanya memiliki peningkatan risiko untuk fraktur stres karena penyerapan shock yang buruk ketika kaki mereka menyentuh tanah.

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Memiliki Lengkungan Tinggi?

Untuk tes sederhana untuk melihat apakah Anda memiliki lengkungan tinggi, injak permukaan yang kering dengan kaki basah. Jika garis yang menghubungkan tumit ke bola kaki sama dengan bagian kaki lainnya, kemungkinan besar Anda memiliki kaki yang rata. Jika garisnya setengah dari luasnya, lengkungan Anda berada dalam kisaran normal. Jika garis sangat tipis, sebagian besar ke bagian luar kaki (atau bola kaki dan tumit tidak terhubung sama sekali) Anda memiliki lengkungan tinggi.

Periksa dengan dokter, ahli pedusian, ahli penyakit kaki atau ahli kaki lainnya untuk evaluasi jika Anda berpikir Anda memiliki lengkungan tinggi yang menyebabkan rasa sakit atau masalah.

Apa Yang Dapat Saya Lakukan Tentang Lengkungan Tinggi?

Jika Anda mengalami sakit di kaki dan berpikir mungkin karena lengkungan yang tinggi, kunjungi dokter Anda. Mereka mungkin meresepkan pendukung arch (sol ortotik) untuk dipakai di sepatu Anda. Untuk lengkungan tinggi, sol orthotic Anda akan dirancang untuk melindungi tumit kaki Anda, membantu menyerap kejutan, dan mendistribusikan berat badan Anda lebih merata saat berjalan.

Jika Anda memiliki lengkungan tinggi, alas kaki pilihan Anda sangat penting. Pastikan Anda mencari sepatu dengan kemampuan peredam kejut yang baik. Sepatu yang tidak macet dan memiliki tumit yang stabil adalah penting. Renda sepatu dengan banyak ruang di punggung kaki (daerah melalui bagian atas kaki Anda di bawah lidah sepatu) cenderung terbaik untuk kaki dengan lengkungan tinggi. Sepasang sepatu lari yang tepat umumnya akan menjadi pilihan terbaik dengan semua kualitas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *